Memilih keyword website yang tepat sangatlah penting. Keyword adalah pintu gerbang untuk menemukan pengunjung unik dari search engine (SE). Pengunjung yang mengunjungi website anda yang berasal dari SE adalah pengunjung yang potensial dan baru pertama kali berkunjung ke website anda. Keyword dipilih berdasarkan kebiasaan pengguna internet di SE yang sesuai dengan gambaran bidang usaha, apa yang anda jual, apa yang akan disampaikan. Keyword diusahakan minimal empat kata, ini sesuai dengan kebiasaan pengguna internet yang rata-rata menggunakan keyword maksimal empat kata di SE.
Keyword yang ideal dan baik memenuhi persyaratan sebagai berikut :- Menggambarkan bisnis, produk, jasa, informasi, dan beberapa bagian dari tersebut.
- Kebiasaan yang sering digunakan ketika pengguna internet melakukan pencarian di Google dan SE lainnya.
- Kompetisi dari keyword ini masih relatif sedikit (tidak banyak website telah mengoptimalkan keyword ini)
Sebelum anda mengoptimalkan beberapa keyword yang terpilih dan terbaik yang menggambarkan website anda, terlebih dahulu diuji di SE. Tujuannya adalah mengetahui beberapa pilihan keyword yang baik yang menggambarkan website anda, seberapa sering orang menggunakan keyword pilihan anda, seberapa sulit persaingan dalam keyword anda pada setiap masing-masing keyword.
Bila anda sudah menemukan hasil pencarian dari keyword anda di SE, maka langkah selanjutnya anda harus menganalisa keyword dengan Indeks Efesiensi Keyword di MS-Excel seperti pada gambar.![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjkpXTnY7_9DnnX3yMdiZy1AC-XmOYU7FmelJp0pT0e-IJiyB7onUw1SL5fp9Qzwjz5FTQ498D5IiUETbT19FObhD4YokNCHoDfvql8xZC1xE0Tw6NmBsMyFK5UNSCsf_w6jRWeJVGfLU06/s320/kei-in-excel.png)
Terakhir, keyword adalah paling utama dalam SEO, jadi anda harus benar-benar tepat memilih keyword. Selamat mencari.